Cara Mengatasi MIUI 13 Boros Baterai Di HP Xiaomi

Cara Mengatasi MIUI 13 Boros Baterai Di HP Xiaomi

Cara Mengatasi MIUI 13 Boros Baterai Di HP Xiaomi – Penggunaan smartphone yang semakin hari semakin luas, terutama pengguna smartphone Xiaomi. Dengan memiliki daya baterai yang besar membuat smartphone xiaomi menjadi pilihan bagi banyak pencinta smartphone, apalagi saat ini komponen baterai merupakan salah satu aspek yang paling penting dalam penggunaan pada smartphone.

Namun, banyak dari pengguna Xiaomi akhir-akhir ini mengeluhkan daya baterai pada ponsel mereka menjadi boros setelah melakukan update terbaru pada sistem operasi android yakni MIUI 13.

MIUI 13 saat ini sedang popular dan sudah bisa digunakan oleh sebagian besar dari perangkat Xiaomi, Update terbaru ini menambahkan pembaruan fitur-fitur yang menarik antara lain: Desain UI yang lebih baru, peningkatan performa pada smartphone Xiaomi serta masih banyak lagi. Tetapi sayangnya dengan adanya pembaruan yang lebih baik ini, banyak para pengguna Xiaomi yang sudah merasakan MIUI 13 menjadi lebih boros baterai pada ponsel Xiaomi mereka.

Hal ini tentu menjadi masalah bagi banyak pengguna yang ingin memaksimalkan daya tahan baterai mereka. Nah dalam artikel ini, mistertutorial.com akan membahas beberapa cara mengatasi permasalahan boros baterai pada MIUI 13 di HP Xiaomi. Jadi buat sobat pengguna Xiaomi tidak perlu takut untuk mengupdate MIUI kamu ke versi MIUI 13 karena untuk masalah baterai boros bisa kamu atasi dengan beberapa Tips Tutorial dibawah ini.

Cara Mengatasi MIUI 13 Boros Baterai Di HP Xiaomi

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan Cara Mengatasi MIUI 13 Boros Baterai Di HP Xiaomi, tips ini kami dapatkan dari forum Xiaomiui, untuk itu simak dibawah ini:

1. Uninstal Aplikasi Yang Tidak Berguna

Sebaiknya uninstall dan copot aplikasi yang tidak terlalu berguna di ponsel Xiaomi kamu, sehingga tidak memberatkan kinerja smartphone, sehingga membuat baterai pada ponsel Xiaomi kamu jadi lebih cepat boros baterai.

2. Setel Kinerja Baterai Ke Balance

  • Buka menu Pengaturan¬†pada Xiaomi.
  • Kemudan Masuk ke bagian menu Battery.
  • Selanjutnya buka tab baterai saver atau penghemat baterai
  • Kemudian ubah setelan menjadi balance.

Mengubah pengaturan baterai ke balance akan mengurangi pemakaian daya baterai yang sebelumnya lebih boros ketimbang menggunakan setelan Performance.

BACA JUGA:

3. Batasi Penggunaan Aplikasi Yang Berjalan Di Latar Belakang

  • Buka Menu Pengaturan pada ponsel Xiaomi.
  • Kemudian masuk ke bagian Menu Battery.
  • Selnjutnya pilih menu App Battery Saver.
  • Lalu pilih aplikasi yang akan dibatasi kinerjanya dibelakang layar.
  • Masuk ke bagian Active Apps, lalu pilih Put Apps To Sleeps.
  • Setelah masuk ke menu Sleeping apps, kemudian pilih opsi Restrict background apps atau Restrict background activity.

Salah satu penyebab baterai pada ponsel xiaomi kamu cepat habis atau boros adalah karena adanya aplikasi yang berjalan di latar belakang, secara nyata memang tidak terlihat namun dampaknya terasa dalam konsumsi daya baterai yang cukup besar. Nah dengan menggunakan metode ini hal itu bisa menjadi solusi jika kita ingin membuat baterai pada ponsel Xiaomi kamu menjadi lebih awet dari yang sebelumnya.

4. Menggunakan Tema Gelap

Menggunakan tema gelap bisa menjadi solusi untuk membuat daya baterai pada Xiaomi kamu menjadi lebih awet, sebab dengan tampilan yang lebih gelap membuat pengaturan cahaya pada Xiaomi bisa sedikit kita kurangi hal ini jelas membuat daya baterai menjadi lebih awet saat menggunakan tema warna cerah pada xiaomi yang mengharuskan menggunakan pengaturan cahaya yang lebih cerah. Untuk mengubah tema gelap di xiaomi simak dibawah ini.

  • Pergi ke menu Pengaturan.
  • Masuk Ke Menu Display.
  • Kemudian ubah tema dari Color Scheme menjadi Dark Mode.

5. Nonaktifkan Konektivitas Yang Tidak Di Perlukan

Nonaktifkan Konektivitas Yang Tidak Di Perlukan

  • Buka Control Center dengan cara usap layar dari atas ke bawah untuk menarik status bar.
  • Kemudian tab pada icon konektivitas yang mau di nonaktifkan seperti wifi, bluetooth, hotspot, dan juga data seluler.

Meskipun sangat bermanfaat, dukungan WiFi, Mobile Data, Hotspot, NFC, maupun Location bisa membuat konsumsi daya semakin boros. Kita makanya bisa mematikan fitur yang sudah tidak digunakan jika ingin baterai perangkat menjadi lebih hemat.

Penutup

Nah itulah Cara Mengatasi MIUI 13 Boros Baterai Di HP Xiaomi. Semoga dengan adanya beberapa Tips Tutorial diatas dapat membuat Smartphone Xiaomi kamu kembali lebih awet walaupun sudah mengupdate MIUI 13. Namun jika Tips tutorial diatas sudah kamu lakukan dan tidak berhasil dan masih membuat Xiaomi kamu boros, maka sebaiknya untuk membawa ponsel Xiaomi kamu ke Mi Authorized Service atau Service Center kepercayaan kamu. Hal itu bisa saja di sebabkan karena baterai pada ponsel Xiaomi kamu sudah mengalami penurunan performa.

Oke itu saja yang dapat kami sampaikan, Semoga informasi ini bermanfaat terimakasih.